Kamis, 14 April 2016

Dasha Awatar Wisnu

Om Swastyastu
Awatara atau Avatar di dalam Agama Hindu diyakini merupakan manifestasi atau perwujudan dari Tuhan yang turun ke dunia. Di dalam kitab Purana ditulis Dewa Wisnu turun ke dunia sebagai Awatara sebanyak sepuluh kali yang di sebut dengan Sepuluh Awatara (Dasha Awatara).

Dasa Awatara ini hadir di setiap jaman dan wujud yang berbeda-beda. Kehadiran Awatara ke dunia menandakan bahwa di dunia sedang terjadi ketidakstabilan antara Dharma (kebaikan) melawan Adharma (keburukan). 

Dasha Awatara
Dasha Awatara
Berikut ini penulis akan menceritakan sedikit tentang Dasa Awatara ini berdasarkan urutan awal munculnya Dasa Awatar:

Jaman Satya yuga
1. Matsya Awatara, sang ikan, muncul pada masa Satya yuga



4. Narasinga Awatara, manusia berkepala singa, muncul pada masa Satya yuga


Jaman Tetra yuga

5. Wamana Awatara, sang orang cebol, muncul pada masa Tetra yuga

6. Parasurama Awatara, sang Rama bersenjata kapak, muncul pada masa Tetra yuga

7. Rama Awatara, sang ksatria, muncul pada masa Tetra yuga


Jaman Dwapara Yuga

8. Krisna Awatara, muncul pada jaman Dwapara Yuga


Jaman Kali yuga

9. Buddha Awatara, Pangeran Siddharta Gautama, muncul pada masa Kali yuga

10. Kalki Awatara, sang pemusnah, yang dipercaya akan turun kedunia pada saat yang tepat yaitu pada masa Kali yuga.

Kemunculan Awatara di setiap jaman ini memiliki makna atau Filosofi tentang perkembangan dan keadaan jaman pada saat itu, misalkan seperti di:


Jaman Satyayuga

Jaman Satyayuga dimulai dengan munculnya Matsya Awatara dalam wujud ikan yang bermakna bahwa awal dari kehidupan ini adalah air.Kurma Awatara berwujud kura-kura yang bertanda munculnya hewan yang dapat hidup di darat ataupun laut (amfibi). Wahara Awatara berwujud babi hutan, merupakan wujud berkembangnya kehidupan di daratan, dan Narasinga Awatara, manusia berkepala singa yang bermakna mulainya evolusi manusia.


Jaman Tetra yuga

Di jaman Tertrayuga awatara yang pertama muncul adalah Wamana Awatara berwujud laki-laki pendek bertanda revolusi manusia yang belum sempurna. Parasurama Awatara berwujud manusia bersenjatakan kapak menandakan perkembangan manusia yang sudah sempurna. Dan Rama Awatara pertanda mulainya manusia membangun sebuah pemerintahan.


Jaman Dwapara Yuga

Dijaman Dwapara Yuga merupakan jaman diamana manusia mulai menjaga kesediaan pangan dengan revolusi di bidang pertanian.


Jaman Kali yuga

Budha Awatara merupakan Awatara yang turun ke dunia di jaman Kali Yuga ( jaman kegelapan) yang melambangkan pencerahaan dan kemajuan social, dan yang terakhir merupakan Kalki Awatara yang digambarkan sebagai penunggang kuda putih yang akan datang yang akan menghancurkan kegelapan, kejahatan, dan kebodohan. Ketika tumbuhan berhenti berbunga, pohon berhenti berbuah dan hujan yang turun tidak pada musimnya, maka di saat itu diyakini akan tiba akhir dari jaman Kali Yuga.

Trini chandamsi kavayo viyatire.
Puru upam darsatam visvacaksanam
Apo vata osadhayastani
Ekasmin bhuvana arpitani.
(Atharvaveda XVIII.I. 17).


Maksudnya: Orang bijaksana memelihara dan melindungi tiga benda yang utama menutupi alam semesta terutama bumi ini. Bentuknya berbeda-beda tetapi saling melengkapi. Tiga benda utama itu adalah air (apah), udara (vata) dan turnbuh-tumbuhan bahan makanan dan obat-obatan (ausadha). Tiga benda ini tersedia di setiap dunia sebagai sumber kehidupan.

…………………………………………………………………………………………….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar